Recent Movies

Sabtu, 31 Maret 2012

Gambaran Teknik Sipil

 Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi dan memelihara tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia. Teknik sipil sendiri mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya terdapat berbagai ilmu pengetahuan seperti matematika, fisika, geologi, lingkungan hingga komputer yang mempunyai peranannya masing-masing. Namun pada prisnsipnya ilmu yang lebih banyak dipakai dalam bidang ini adalah ilmu fisika terapan terutama ilmu mekanika. Selain itu mahasiswa di tuntut untuk menguasai prinsip dasar-dasar matematika dengan baik. Dalam pengembangannya teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan perkembangan jaman.

Secara spesifik jurusan teknik sipil sendiri bertugas untuk membuat sebuah rancangan struktur bangunan, dimulai dari pondasi hingga keseluruhan struktur bangunan tersebut. Dimana pada perencanaannya ahli teknik sipil bertugas untuk menghitung, meneliti, mengukur ataupun menguji mulai dari kekuatan tanah hingga kekuatan setiap bagian-bagian bangunan yang nantinya akan menjadi patokan bagi pihak pelaksana proyek. Tidak hanya menghitung kekuatan tanah ataupun bangunan, ahli teknik sipil pun dituntut untuk mengerti akan system listrik, system keamanan ataupun saluran air yang terdapat pada suatu bangunan.

Selain membuat rancangan suatu struktur bangunan, ahli sipil juga harus memperhatikan akan pemeliharaan dan perbaikan struktur bangunan jika bangunan telah siap digunakan. Dan juga ahli sipil harus sangat teliti dan peka dengan pergerakan alam yang terjadi. Karena gangguan alam merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengubah ataupun menyebabkan penurunan kondisis bangunan.

Tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan, ahli teknik sipil pun bisa berkecmpunda dalam bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika. Dimana ahli teknik sipil memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk bangunan dengan bantuan program CAD, pemodelan kerusakan akibat gempa ataupun banjir. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan, jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. 

Prospek Kerja
Seorang sarjana Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:

·      Bidang Pembangunan Infrastruktur
o  Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda dll.
·      Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan
o  Berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan dan fasilitas produksi.
·      Bidang Pendidikan
o    Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.
·      Bidang lainnya
o   Para lulusan program studi Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang lainnya.

(sunting/yusi/div.jurnalistik)

Jumat, 30 Maret 2012

Belajar Autocad - Materi 8

Untuk materi selanjutnya, akan kita bahas mengenai BLOCK.
7. BLOCK
Untuk membuat object yang memiliki bentuk yang sama kita bisa menggunakan perintah BLOCK. Dengan BLOCK kita dapat mengoptimalkan waktu, tenaga serta bisa menghemat size/ukuran file gambar AutoCAD.
Kita buat OBJECT acuan seperti di bawah terlebih dahulu:
Command: Cirle ┘
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di tengah-tengah layar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 20 ┘

Command:  CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di tengah-tengah lingkaran tadi)
Specify radius of circle or [Diameter] <20.0000>: 50 ┘
Command: Line ┘
LINE Specify first point: (Click di tengah-tengah lingkaran)
Specify next point or [Undo]: @60<-90
Specify next point or [Undo]: ┘
Command: DTEXT ┘
Current text style:  “Standard”  Text height:  2.5000
Specify start point of text or [Justify/Style]: (Click di bawah samping kanan garis)
Specify height <2.5000>: 5 ┘
Specify rotation angle <0>: ┘
Enter text: Simple Drawing ┘
Enter text: ┘
Setelah itu kita duplikasi object-object tsb menggunakan BLOCK.
Command: BLOCK ┘
Name              = Misal, “block-1″
Select Object  = Pilih object yang akan dijadikan BLOCK (pilih semua object tadi) ┘
Pick point        = Click di tengah-tengah lingkaran ┘
Ok.
Sekarang kita coba terapkan di layar kerja semua BLOCK tsb.
Command: INSERT ┘
Name           = Cari, “block-1″
Ok.
Letakkan gambar block-1 sesuai keinginan anda, coba INSERT lagi.
Ingat jangan diCOPY.

Belajar Autocad - Materi 7

Untuk materi selanjutnya, akan kita bahas mengenai HATCH atau arsiran.
6. HATCH
Hatch atau arsiran merupakan perintah yang tidak asing lagi dalam AutoCAD, berikut cara pembuatan hatch dan penerapannya.
Kita buat dahulu dua buah lingkaran sebagai object yang akan diarsir.
Command: Circle ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di sembarang tempat)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 20 ┘

Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di pusat lingkaran pertama)
Specify radius of circle or [Diameter] <20.0000>: 40 ┘
Kemudian kita buat arsirannya:
Command: H ┘
Akan muncul kotak dialog HATCH, Untuk Pattern Cari ANSI31, kemudian click tombol Pick Points lalu click area lingkaran pertama (lihat area anak panah), kemudian enter. Jika ingin melihat hasilnya terlebih dahulu anda bisa click Preview atau OK jika sudah yakin.
Untuk arsiran lingkaran kedua, caranya sama namun nama arsirannya HONEY.
Lalu bisakah HATCH diedit? Ya, tentu saja bisa.
Caranya dengan mengklik ganda (double click) arsiran yg akan di edit, setelah itu muncul kotak dialog HATCH seperti tadi. Anda bisa mengedit bentuk, skala ataupun sudut kemiringannya.
Untuk mengganti warna Hatch dapat kita lakukan prosedur sbb:
- Click / select arsiran pertama
- Dari toolbar Properties pilih kotak warna, pilih warna biru muda (cyan)
- Tekan tombol Esc 1 kali
- Click / select arsiran kedua
- Dari toolbar Properties pilih kotak warna, pilih warna kuning
- Tekan tombol Esc 1 kali.
Utk proses terakhir, pilih / select kedua lingkaran tsb kemudian tekan tombol DELETE utk menghapus kedua lingkaran tsb.
Hasil akhir:
Akuration:
Arsiran pertama terdapat di ANSI = ANSI31
Arsiran kedua terdapat di Other Predefinied = HONEY

Kamis, 29 Maret 2012

Belajar Autocad - Materi 6

Materi kali ini akan membahas tentang Text.
5. TEXT
Namun sebelumnya kita ubah terlebih dahulu ukuran kertas layar AutoCAD ini menjadi ukuran kertas A4 Landscape melalui cara konvensional.
Command:
Config ┘
Akan terlihat kotak dialog Options, pilih System kemudian pada menu startup pilih menjadi Show Startup dialog box. Klik OK. Kemudian tutup Aplikasi AutoCAD.
Save changes to Drawing1.dwg? No
Buka kembali aplikasi AutoCAD anda, jika muncul kotak dialog Startup, pilihlah satuan Metric lalu OK.
Tekan tombol F7
Command:
limits ┘
Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>: ┘
Specify upper right corner <420.0000,297.0000>:  ┘ (Merupakan ukuran A4)
Command:
ZOOM ┘
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
Kita mulai Pembuatan object text :
Command:
text ┘
Current text style:  “Standard”  Text height:  2.5000
Specify start point of text or [Justify/Style]: (Click di sembarang tempat)
Specify height <5.0000>: 7 ┘
Specify rotation angle of text <0>: ┘
Enter text: TUTORIAL AUTOCAD ┘
Enter text: GRATIS ┘
Enter text: ┘
Untuk pemilihan JUSTIFY dimana text bisa diatur secara perataan kiri, tengah ataupun kanan.  Sedangkan untuk kemiringan dapat diatur melalui option “Specify rotation angle of text <0>: ” dengan mengisikan sudut kemiringannya. misalnya 35 derajat.






(Bagus Wahyu S - Divisi Jurnalistik)


Belajar Autocad - Materi 5

Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object rectangle:
4. Rectangle
Rectangle adalah object 2 dimensi yang memiliki bentuk segi empat, dengan Rectangle ini anda bisa membuat persegi empat hanya dengan menentukan 2 buah titik atau dengan menentukan panjang serta lebar object.
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik A)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik B)
Atau jika anda ingin menentukan panjang serta lebarnya adalah sbb:
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik C)
Specify other corner point or [Dimensions]: @3,1.5 ┘
Dimana:
Panjang = 3
Lebar = 1.5
- RECTANGLE dg Chamfer
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: C ┘
Specify first chamfer distance for rectangles <0.0000>: 0.2 ┘
Specify second chamfer distance for rectangles <0.0000>: 0.2 ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik R)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik Y)
Command:
.
- RECTANGLE dg Fillet
Perintah:
RECTANG ┘
Current rectangle modes:  Chamfer=0.2000 x 0.2000
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: F ┘
Specify fillet radius for rectangles <0.0000>: 0.3 ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik M)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik L)
Command:
Adapun:
ELEVATION
Untuk membuat Rectangle pada ketinggian tertentu (nilai z-nya)
THICKNESS
Untuk membuat ketebalan pada Rectangle
WIDTH
Untuk membuat garis dg lebar tertentu pada Rectangle. Nilai width standar/defaultnya adalah nol.

(Bagus Wahyu S - Divisi Jurnalistik)

Belajar Autocad - Materi 4

Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object polyline:
3. Polyline
Polyline adalah object 2 dimensi yang memiliki bentuk seperti garis, adapun Polyline dapat ditulis dg huruf PL di command window atau dengan mengklik icon Polyline pada icon draw toolbar.
Perintah:
PL
Specify start point: (klik pada area gambar)
Current line-width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @2<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @2.5<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @1<180
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]:
Setelah itu coba anda buat Line di sebelah kanan dengan ukuran yang sama seperti Polyline tadi.
adapun yang membedakannya adalah untuk polyline ini merupakan komponen garis yang terintegrasi, tidak seperti line yang merupakan komponen garis terpisah. Utk membuktikannya cobalah anda klik garis polyline, maka garis akan terpilih semuanya tidak seperti line yang jika diklik salah satu garisnya, maka garis itulah yang terpilih, tidak semuanya.
Objek polyline ini merupakan komponen yang sering dipakai dalam pembuatan object 3 dimensi.
Polyline vs Line
- Proses Polyline menjadi Line
Perintah:
EXPLODE 
Select objects: 1 found (dengan mengklik pada Polyline)
Select objects:
Kini Polyline telah berubah menjadi line, coba anda klik garis polyline tsb. Maka garis yang tadinya menyatu kini telah berurai seperti Line.
- Proses Line menjadi Polyline
Perintah:
PEDIT
Select polyline or [Multiple]: (dengan mengklik pada garis Line A)
Object selected is not a polyline
Do you want to turn it into one?
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Undo]: j (Ketik huruf j yang artinya “Join”)
Select objects: 1 found (klik pada garis Line B)
Select objects: 1 found, 2 total (klik pada garis Line C)
Select objects:
2 segments added to polyline
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Undo]:
 









(Bagus Wahyu S - divisi Jurnalistik)



Belajar Autocad - Materi 3

Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object Lingkaran:
2. Circle
Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari, adapun circle dapat ditulis dg huruf C di command window atau dengan mengklik icon circle pada icon toolbar.
- Circle bebas
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: (Klik di sisi yang lain sesuai kehendak anda)
Dengan cara tsb di atas circle bisa anda buat dg sederhana namun mengabaikan hasil perhitungan.
- Circle dg jari-jari
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 3 ┘
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg jari-jari 3.
- Circle dg Diameter
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <3.0000>: d ┘
Specify diameter of circle <3.0000>: 3 ┘
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg diameter 3.
- Circle dg 3 titik point
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: 3p ┘
Specify first point on circle: (Klik point A)
Specify second point on circle: (Klik point B)
Specify third point on circle: (Klik point C)
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg pola dari 3 titik.
Untuk option 2P dan Ttr tidak jauh berbeda, namun untuk Ttr khusus digunakan jika anda akan membuat circle yang bersinggungan dengan 2 buah object, misalnya bersinggungan dengan 2 buah garis.
Tips:
Untuk mengetahui jarak diameter atau jari-jari lingkaran coba anda ketikkan perintah sbb:
Perintah:
dist ┘
Specify first point: (Klik point Center)
Specify second point: (Klik point Quadrant)
Contoh tampilan hasil yang diperoleh sbb:
Distance = 1.5000,  Angle in XY Plane = 0,  Angle from XY Plane = 0
Delta X = 1.5000,  Delta Y = 0.0000,   Delta Z = 0.0000

Untuk memunculkan option osnap (tanda center dan quadrant), anda bisa mdmbaca materi terdahulu atau melalui perintah ddosnap ┘.

(bagus wahyu s - divisi jurnalistik)

Belajar Autocad - Materi 2

Baiklah sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object 2 dimensi:
1. LINE
Line atau garis adalah object yang paling vital. Bayangkan jika program AutoCAD tidak memiliki perintah ini. Sebelumnya saya sarankan anda untuk selalu mengetik perintah daripada mengklik lewat icon, tapi jika anda ingin lebih praktis, itu hak anda. Untuk perintahnya kita lakukan percobaan sbb:
- Garis sembarang
Latihan 1
Perintah:
L ┘(atau klik perintah garis lewat ikon)
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu gerakkan ke tengah lalu klik, gerakkan ke atas lalu klik kemudian tekan tombol enter
Latihan 2
Perintah:
F9
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu gerakkan ke tengah lalu klik, gerakkan ke atas lalu klik kemudian tekan tombol enter
** Kedua buah perintah tsb diatas adalah pembuatan Line secara sembarang, ada perbedaan antara keduanya dimana; untuk latihan 1 garis dibuat secara mengambang sedangkan untuk latihan 2 garis menempel pada Grid karena snap (F9) diaktifkan.
- Garis terfokus
Latihan 3
Perintah:
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu ketikkan: @5<0  ┘
lalu ketikkan: @5<90  ┘

Latihan 4
Perintah:
F9
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu ketikkan: @5<0  ┘
lalu ketikkan: @5<90  ┘
C ┘
** Kedua buah perintah tsb diatas adalah pembuatan Line secara terfokus, ada perbedaan antara keduanya dimana; untuk latihan 3 garis dibuat secara mengambang sedangkan untuk latihan 4 garis menempel pada Grid karena snap (F9) diaktifkan dan memakai perintah C /close yang membuat bidang tsb tertutup.
@ = menunjukkan panjang
< =  menunjukkan sudut
@5<0 artinya: panjang 5 melalui sudut 0 derajat
Ada cara yang mudah untuk tidak mengetik perintah panjang seperti di atas.
Perintah:
L ┘
F8 (ortho ON)
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu bawa kursor ke sebelah kanan lalu ketikkan angka 5 ┘
sekarang bawa kursor ke atas ketikkan angka 5 ┘
C ┘
Jika anda berhasil maka gambar tsb akan sama dengan Latihan 4.
Tips:
Tombol Esc digunakan untuk menghilangkan “grip” object yang sedang terpilih, karena dalam  AutoCAD jika kita memilih (select) object dan memilih object yang lain maka object yang pertama dipilih tsb akan terus dalam status terpilih.
 








 (bagus wahyu s - divisi jurnalistik) 









Rabu, 28 Maret 2012

Belajar Autocad - Materi 1

Sebelum kita mulai membuat object seperti: Garis, lingkaran, ellips. rectangle dll ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui komponen yang sangat berguna untuk mempermudah anda dalam menggambar.
1. Grid
2. Alias
3. Snap
4. Orto
5. dan Osnap

LINE
LINE adalah suatu object gambar yang berbentuk garis. Untuk mempermudah memahami ke 4 komponen tsb di atas sebaiknya kita terapkan dalam pembuatan garis.
1. GRID
Dipergunakan untuk melihat area gambar, gambar standard selalu mengikuti object GRID.
Perintah:
Tekan tombol F7, maka grid akan muncul di layar, dan utk menyembunyikannya lagi tekan F7 sekali lagi.
Tampilkan grid sekali lagi terus ketik zoom lalu enter, kemudian ketik huruf a lalu enter.

Untuk list commandnya sbb:
F7
zoom ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
- Kini kita bisa melihat area kerja gambar melalui titik grid.

2. ALIAS
Alias atau nama lain adalah nama singkatan yang bisa anda pergunakan dalam AutoCAD anda bisa mempersingkat pengetikan perintah. Misalna L unuk Line, z untuk zoom, sc untuk scale dll.
Misalnya kita gunakan untuk command list seperti di atas menjadi:
F7
z ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘

3. SNAP
Snap (tombol F9) adalah perintah yang memungkinkan kursor mengunci GRID. Snap ini diperunakan unuk mengontrol agar object selalu mengenai GRID.
Sekarang anda ikuti perintahnya sbb:
F7
z ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
F9
Gerakkan kursor di layar kerja,maka kursor seolah2 mengikuti GRID.

4. ORTHO
Ortho (tombol F8) berfungsi sebagai perintah untuk membuat garis secara bebas.
Ikui langkahnya sbb:
L ┘
klik area gambar (bebas, kemudian gerakkan kursor kesebelah kanan/kiri/atas/bawah.
Sekarang tekan tombol F9, lalu gerakkan kursor kearah kanan/kiri/atas/bawah. Apa yang membedakannya?

itulah fungsi Ortho.









5. OSNAP
Osnap (Object Snap/F3) merupakan perintah yang sangat vhtal, osnap ini dipergunakan untuk akurasi menggambar object.
Sebelum mengetahui fungsi Osnap, kita buka settingan osnap tersebut:
Ketik:
ddosnap ┘
Centang Object Snap On
Pilih semua option kecuali Nearest
















(bagus/div.jurnalistik)

Minggu, 25 Maret 2012

Mekanika Fluida


Mekanika fluida adalah subdisiplin dari mekanika kontinum yang mempelajari  fluida (yang dapat berupa cairan dan gas). Mekanika fluida dapat dibagi menjadi fluida statik dan fluida dinamik. Fluida statis mempelajari fluida pada keadaan diam sementara fluida dinamis mempelajari fluida yang bergerak.


Berikut materinya :
Mekanika Fluida II

Teknologi Bahan

Ilmu bahan atau teknologi bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya.

 

Berikut adalah beberapa hasil presentasi mengenai Teknologi Bangunan dari angkatan 2011

Materi Presentasi Sipil 2011

Atap Alternatif
- Dinding Alternatif
- Wall Covering
Aspal
Aspal Beton 
Paving 
Thrucrete 

Modul Teknologi Bahan :
Modul 1 
- Modul 2
- Modul Tekban Kayu

Analsis Struktur


Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal).
Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah
  • stabilitas
  • keseimbangan gaya
  • kompatibilitas antara deformasi dan jenis tumpuannnya
  • elastisitas
Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut.

Berikut materinya :
Analisa-struktur-1

Pemrograman Komputer

Salah satu bahasa pemograman adalah FORTRAN. Merupakan bahasa yang pertama kali singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.

1. Berikut, merupakan contoh dari bahasa pemograman mengenai persamaan kuadrat.


2. Materi yang berkaitan:


Senin, 19 Maret 2012

BEASISWA ASTRA 1st by PT Astra International Tbk


Fasilitas:
a. Beasiswa 5 juta/semester
b. Program pengembangan kepribadiaan
c. Kesempatan belajar (Kerja Praktek atau Magang) di Astra Group (158 anak perusahaan)
d. Kesempatan mendapatkan dana project sebesar 5 juta/orang

Persyaratan :
a. Mahasiswa semester 3-7 semua jurusan
b. IPK min. 3.0
c. Aktif dalam kegiatan organisasi
d. Tidak sedang menerima beassiwa dari perusahaan atau institusi manapun

CP : lorentius.saputra@ai.astra.co.id

Formulir dikirim paling lambat 9 April 2012 ke astra1st@ai.astra.co.id

Formulir dapat diunduh di : http://www.astra.co.id/index.php/career/astra1st
Gambaran Teknik Sipil
 Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi dan memelihara tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia. Teknik sipil sendiri mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya terdapat berbagai ilmu pengetahuan seperti matematika, fisika, geologi, lingkungan hingga komputer yang mempunyai peranannya masing-masing. Namun pada prisnsipnya ilmu yang lebih banyak dipakai dalam bidang ini adalah ilmu fisika terapan terutama ilmu mekanika. Selain itu mahasiswa di tuntut untuk menguasai prinsip dasar-dasar matematika dengan baik. Dalam pengembangannya teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan perkembangan jaman.

Secara spesifik jurusan teknik sipil sendiri bertugas untuk membuat sebuah rancangan struktur bangunan, dimulai dari pondasi hingga keseluruhan struktur bangunan tersebut. Dimana pada perencanaannya ahli teknik sipil bertugas untuk menghitung, meneliti, mengukur ataupun menguji mulai dari kekuatan tanah hingga kekuatan setiap bagian-bagian bangunan yang nantinya akan menjadi patokan bagi pihak pelaksana proyek. Tidak hanya menghitung kekuatan tanah ataupun bangunan, ahli teknik sipil pun dituntut untuk mengerti akan system listrik, system keamanan ataupun saluran air yang terdapat pada suatu bangunan.

Selain membuat rancangan suatu struktur bangunan, ahli sipil juga harus memperhatikan akan pemeliharaan dan perbaikan struktur bangunan jika bangunan telah siap digunakan. Dan juga ahli sipil harus sangat teliti dan peka dengan pergerakan alam yang terjadi. Karena gangguan alam merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengubah ataupun menyebabkan penurunan kondisis bangunan.

Tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan, ahli teknik sipil pun bisa berkecmpunda dalam bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika. Dimana ahli teknik sipil memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk bangunan dengan bantuan program CAD, pemodelan kerusakan akibat gempa ataupun banjir. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan, jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. 

Prospek Kerja
Seorang sarjana Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:

·      Bidang Pembangunan Infrastruktur
o  Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda dll.
·      Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan
o  Berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan dan fasilitas produksi.
·      Bidang Pendidikan
o    Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.
·      Bidang lainnya
o   Para lulusan program studi Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang lainnya.

(sunting/yusi/div.jurnalistik)
Untuk materi selanjutnya, akan kita bahas mengenai BLOCK.
7. BLOCK
Untuk membuat object yang memiliki bentuk yang sama kita bisa menggunakan perintah BLOCK. Dengan BLOCK kita dapat mengoptimalkan waktu, tenaga serta bisa menghemat size/ukuran file gambar AutoCAD.
Kita buat OBJECT acuan seperti di bawah terlebih dahulu:
Command: Cirle ┘
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di tengah-tengah layar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 20 ┘

Command:  CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di tengah-tengah lingkaran tadi)
Specify radius of circle or [Diameter] <20.0000>: 50 ┘
Command: Line ┘
LINE Specify first point: (Click di tengah-tengah lingkaran)
Specify next point or [Undo]: @60<-90
Specify next point or [Undo]: ┘
Command: DTEXT ┘
Current text style:  “Standard”  Text height:  2.5000
Specify start point of text or [Justify/Style]: (Click di bawah samping kanan garis)
Specify height <2.5000>: 5 ┘
Specify rotation angle <0>: ┘
Enter text: Simple Drawing ┘
Enter text: ┘
Setelah itu kita duplikasi object-object tsb menggunakan BLOCK.
Command: BLOCK ┘
Name              = Misal, “block-1″
Select Object  = Pilih object yang akan dijadikan BLOCK (pilih semua object tadi) ┘
Pick point        = Click di tengah-tengah lingkaran ┘
Ok.
Sekarang kita coba terapkan di layar kerja semua BLOCK tsb.
Command: INSERT ┘
Name           = Cari, “block-1″
Ok.
Letakkan gambar block-1 sesuai keinginan anda, coba INSERT lagi.
Ingat jangan diCOPY.

Untuk materi selanjutnya, akan kita bahas mengenai HATCH atau arsiran.
6. HATCH
Hatch atau arsiran merupakan perintah yang tidak asing lagi dalam AutoCAD, berikut cara pembuatan hatch dan penerapannya.
Kita buat dahulu dua buah lingkaran sebagai object yang akan diarsir.
Command: Circle ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di sembarang tempat)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 20 ┘

Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Click di pusat lingkaran pertama)
Specify radius of circle or [Diameter] <20.0000>: 40 ┘
Kemudian kita buat arsirannya:
Command: H ┘
Akan muncul kotak dialog HATCH, Untuk Pattern Cari ANSI31, kemudian click tombol Pick Points lalu click area lingkaran pertama (lihat area anak panah), kemudian enter. Jika ingin melihat hasilnya terlebih dahulu anda bisa click Preview atau OK jika sudah yakin.
Untuk arsiran lingkaran kedua, caranya sama namun nama arsirannya HONEY.
Lalu bisakah HATCH diedit? Ya, tentu saja bisa.
Caranya dengan mengklik ganda (double click) arsiran yg akan di edit, setelah itu muncul kotak dialog HATCH seperti tadi. Anda bisa mengedit bentuk, skala ataupun sudut kemiringannya.
Untuk mengganti warna Hatch dapat kita lakukan prosedur sbb:
- Click / select arsiran pertama
- Dari toolbar Properties pilih kotak warna, pilih warna biru muda (cyan)
- Tekan tombol Esc 1 kali
- Click / select arsiran kedua
- Dari toolbar Properties pilih kotak warna, pilih warna kuning
- Tekan tombol Esc 1 kali.
Utk proses terakhir, pilih / select kedua lingkaran tsb kemudian tekan tombol DELETE utk menghapus kedua lingkaran tsb.
Hasil akhir:
Akuration:
Arsiran pertama terdapat di ANSI = ANSI31
Arsiran kedua terdapat di Other Predefinied = HONEY

Materi kali ini akan membahas tentang Text.
5. TEXT
Namun sebelumnya kita ubah terlebih dahulu ukuran kertas layar AutoCAD ini menjadi ukuran kertas A4 Landscape melalui cara konvensional.
Command:
Config ┘
Akan terlihat kotak dialog Options, pilih System kemudian pada menu startup pilih menjadi Show Startup dialog box. Klik OK. Kemudian tutup Aplikasi AutoCAD.
Save changes to Drawing1.dwg? No
Buka kembali aplikasi AutoCAD anda, jika muncul kotak dialog Startup, pilihlah satuan Metric lalu OK.
Tekan tombol F7
Command:
limits ┘
Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>: ┘
Specify upper right corner <420.0000,297.0000>:  ┘ (Merupakan ukuran A4)
Command:
ZOOM ┘
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
Kita mulai Pembuatan object text :
Command:
text ┘
Current text style:  “Standard”  Text height:  2.5000
Specify start point of text or [Justify/Style]: (Click di sembarang tempat)
Specify height <5.0000>: 7 ┘
Specify rotation angle of text <0>: ┘
Enter text: TUTORIAL AUTOCAD ┘
Enter text: GRATIS ┘
Enter text: ┘
Untuk pemilihan JUSTIFY dimana text bisa diatur secara perataan kiri, tengah ataupun kanan.  Sedangkan untuk kemiringan dapat diatur melalui option “Specify rotation angle of text <0>: ” dengan mengisikan sudut kemiringannya. misalnya 35 derajat.






(Bagus Wahyu S - Divisi Jurnalistik)


Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object rectangle:
4. Rectangle
Rectangle adalah object 2 dimensi yang memiliki bentuk segi empat, dengan Rectangle ini anda bisa membuat persegi empat hanya dengan menentukan 2 buah titik atau dengan menentukan panjang serta lebar object.
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik A)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik B)
Atau jika anda ingin menentukan panjang serta lebarnya adalah sbb:
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik C)
Specify other corner point or [Dimensions]: @3,1.5 ┘
Dimana:
Panjang = 3
Lebar = 1.5
- RECTANGLE dg Chamfer
Perintah:
RECTANG ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: C ┘
Specify first chamfer distance for rectangles <0.0000>: 0.2 ┘
Specify second chamfer distance for rectangles <0.0000>: 0.2 ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik R)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik Y)
Command:
.
- RECTANGLE dg Fillet
Perintah:
RECTANG ┘
Current rectangle modes:  Chamfer=0.2000 x 0.2000
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: F ┘
Specify fillet radius for rectangles <0.0000>: 0.3 ┘
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (Klik titik M)
Specify other corner point or [Dimensions]: (Klik titik L)
Command:
Adapun:
ELEVATION
Untuk membuat Rectangle pada ketinggian tertentu (nilai z-nya)
THICKNESS
Untuk membuat ketebalan pada Rectangle
WIDTH
Untuk membuat garis dg lebar tertentu pada Rectangle. Nilai width standar/defaultnya adalah nol.

(Bagus Wahyu S - Divisi Jurnalistik)
Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object polyline:
3. Polyline
Polyline adalah object 2 dimensi yang memiliki bentuk seperti garis, adapun Polyline dapat ditulis dg huruf PL di command window atau dengan mengklik icon Polyline pada icon draw toolbar.
Perintah:
PL
Specify start point: (klik pada area gambar)
Current line-width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @2<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @2.5<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @1<180
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]:
Setelah itu coba anda buat Line di sebelah kanan dengan ukuran yang sama seperti Polyline tadi.
adapun yang membedakannya adalah untuk polyline ini merupakan komponen garis yang terintegrasi, tidak seperti line yang merupakan komponen garis terpisah. Utk membuktikannya cobalah anda klik garis polyline, maka garis akan terpilih semuanya tidak seperti line yang jika diklik salah satu garisnya, maka garis itulah yang terpilih, tidak semuanya.
Objek polyline ini merupakan komponen yang sering dipakai dalam pembuatan object 3 dimensi.
Polyline vs Line
- Proses Polyline menjadi Line
Perintah:
EXPLODE 
Select objects: 1 found (dengan mengklik pada Polyline)
Select objects:
Kini Polyline telah berubah menjadi line, coba anda klik garis polyline tsb. Maka garis yang tadinya menyatu kini telah berurai seperti Line.
- Proses Line menjadi Polyline
Perintah:
PEDIT
Select polyline or [Multiple]: (dengan mengklik pada garis Line A)
Object selected is not a polyline
Do you want to turn it into one?
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Undo]: j (Ketik huruf j yang artinya “Join”)
Select objects: 1 found (klik pada garis Line B)
Select objects: 1 found, 2 total (klik pada garis Line C)
Select objects:
2 segments added to polyline
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Undo]:
 









(Bagus Wahyu S - divisi Jurnalistik)



Sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object Lingkaran:
2. Circle
Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari, adapun circle dapat ditulis dg huruf C di command window atau dengan mengklik icon circle pada icon toolbar.
- Circle bebas
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: (Klik di sisi yang lain sesuai kehendak anda)
Dengan cara tsb di atas circle bisa anda buat dg sederhana namun mengabaikan hasil perhitungan.
- Circle dg jari-jari
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 3 ┘
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg jari-jari 3.
- Circle dg Diameter
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar)
Specify radius of circle or [Diameter] <3.0000>: d ┘
Specify diameter of circle <3.0000>: 3 ┘
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg diameter 3.
- Circle dg 3 titik point
Perintah:
C ┘
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: 3p ┘
Specify first point on circle: (Klik point A)
Specify second point on circle: (Klik point B)
Specify third point on circle: (Klik point C)
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg pola dari 3 titik.
Untuk option 2P dan Ttr tidak jauh berbeda, namun untuk Ttr khusus digunakan jika anda akan membuat circle yang bersinggungan dengan 2 buah object, misalnya bersinggungan dengan 2 buah garis.
Tips:
Untuk mengetahui jarak diameter atau jari-jari lingkaran coba anda ketikkan perintah sbb:
Perintah:
dist ┘
Specify first point: (Klik point Center)
Specify second point: (Klik point Quadrant)
Contoh tampilan hasil yang diperoleh sbb:
Distance = 1.5000,  Angle in XY Plane = 0,  Angle from XY Plane = 0
Delta X = 1.5000,  Delta Y = 0.0000,   Delta Z = 0.0000

Untuk memunculkan option osnap (tanda center dan quadrant), anda bisa mdmbaca materi terdahulu atau melalui perintah ddosnap ┘.

(bagus wahyu s - divisi jurnalistik)
Baiklah sekarang kita menginjak materi selanjutnya yaitu pembuatan object 2 dimensi:
1. LINE
Line atau garis adalah object yang paling vital. Bayangkan jika program AutoCAD tidak memiliki perintah ini. Sebelumnya saya sarankan anda untuk selalu mengetik perintah daripada mengklik lewat icon, tapi jika anda ingin lebih praktis, itu hak anda. Untuk perintahnya kita lakukan percobaan sbb:
- Garis sembarang
Latihan 1
Perintah:
L ┘(atau klik perintah garis lewat ikon)
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu gerakkan ke tengah lalu klik, gerakkan ke atas lalu klik kemudian tekan tombol enter
Latihan 2
Perintah:
F9
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu gerakkan ke tengah lalu klik, gerakkan ke atas lalu klik kemudian tekan tombol enter
** Kedua buah perintah tsb diatas adalah pembuatan Line secara sembarang, ada perbedaan antara keduanya dimana; untuk latihan 1 garis dibuat secara mengambang sedangkan untuk latihan 2 garis menempel pada Grid karena snap (F9) diaktifkan.
- Garis terfokus
Latihan 3
Perintah:
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu ketikkan: @5<0  ┘
lalu ketikkan: @5<90  ┘

Latihan 4
Perintah:
F9
L ┘
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu ketikkan: @5<0  ┘
lalu ketikkan: @5<90  ┘
C ┘
** Kedua buah perintah tsb diatas adalah pembuatan Line secara terfokus, ada perbedaan antara keduanya dimana; untuk latihan 3 garis dibuat secara mengambang sedangkan untuk latihan 4 garis menempel pada Grid karena snap (F9) diaktifkan dan memakai perintah C /close yang membuat bidang tsb tertutup.
@ = menunjukkan panjang
< =  menunjukkan sudut
@5<0 artinya: panjang 5 melalui sudut 0 derajat
Ada cara yang mudah untuk tidak mengetik perintah panjang seperti di atas.
Perintah:
L ┘
F8 (ortho ON)
Klik layar gambar sebelah kiri bawah, lalu bawa kursor ke sebelah kanan lalu ketikkan angka 5 ┘
sekarang bawa kursor ke atas ketikkan angka 5 ┘
C ┘
Jika anda berhasil maka gambar tsb akan sama dengan Latihan 4.
Tips:
Tombol Esc digunakan untuk menghilangkan “grip” object yang sedang terpilih, karena dalam  AutoCAD jika kita memilih (select) object dan memilih object yang lain maka object yang pertama dipilih tsb akan terus dalam status terpilih.
 








 (bagus wahyu s - divisi jurnalistik) 









Sebelum kita mulai membuat object seperti: Garis, lingkaran, ellips. rectangle dll ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui komponen yang sangat berguna untuk mempermudah anda dalam menggambar.
1. Grid
2. Alias
3. Snap
4. Orto
5. dan Osnap

LINE
LINE adalah suatu object gambar yang berbentuk garis. Untuk mempermudah memahami ke 4 komponen tsb di atas sebaiknya kita terapkan dalam pembuatan garis.
1. GRID
Dipergunakan untuk melihat area gambar, gambar standard selalu mengikuti object GRID.
Perintah:
Tekan tombol F7, maka grid akan muncul di layar, dan utk menyembunyikannya lagi tekan F7 sekali lagi.
Tampilkan grid sekali lagi terus ketik zoom lalu enter, kemudian ketik huruf a lalu enter.

Untuk list commandnya sbb:
F7
zoom ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
- Kini kita bisa melihat area kerja gambar melalui titik grid.

2. ALIAS
Alias atau nama lain adalah nama singkatan yang bisa anda pergunakan dalam AutoCAD anda bisa mempersingkat pengetikan perintah. Misalna L unuk Line, z untuk zoom, sc untuk scale dll.
Misalnya kita gunakan untuk command list seperti di atas menjadi:
F7
z ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘

3. SNAP
Snap (tombol F9) adalah perintah yang memungkinkan kursor mengunci GRID. Snap ini diperunakan unuk mengontrol agar object selalu mengenai GRID.
Sekarang anda ikuti perintahnya sbb:
F7
z ┘
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] : a ┘
F9
Gerakkan kursor di layar kerja,maka kursor seolah2 mengikuti GRID.

4. ORTHO
Ortho (tombol F8) berfungsi sebagai perintah untuk membuat garis secara bebas.
Ikui langkahnya sbb:
L ┘
klik area gambar (bebas, kemudian gerakkan kursor kesebelah kanan/kiri/atas/bawah.
Sekarang tekan tombol F9, lalu gerakkan kursor kearah kanan/kiri/atas/bawah. Apa yang membedakannya?

itulah fungsi Ortho.









5. OSNAP
Osnap (Object Snap/F3) merupakan perintah yang sangat vhtal, osnap ini dipergunakan untuk akurasi menggambar object.
Sebelum mengetahui fungsi Osnap, kita buka settingan osnap tersebut:
Ketik:
ddosnap ┘
Centang Object Snap On
Pilih semua option kecuali Nearest
















(bagus/div.jurnalistik)
Mekanika Fluida

Mekanika fluida adalah subdisiplin dari mekanika kontinum yang mempelajari  fluida (yang dapat berupa cairan dan gas). Mekanika fluida dapat dibagi menjadi fluida statik dan fluida dinamik. Fluida statis mempelajari fluida pada keadaan diam sementara fluida dinamis mempelajari fluida yang bergerak.


Berikut materinya :
Mekanika Fluida II

Teknologi Bahan

Ilmu bahan atau teknologi bahan adalah sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur bahan dan sifatnya.

 

Berikut adalah beberapa hasil presentasi mengenai Teknologi Bangunan dari angkatan 2011

Materi Presentasi Sipil 2011

Atap Alternatif
- Dinding Alternatif
- Wall Covering
Aspal
Aspal Beton 
Paving 
Thrucrete 

Modul Teknologi Bahan :
Modul 1 
- Modul 2
- Modul Tekban Kayu
Analsis Struktur

Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal).
Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah
  • stabilitas
  • keseimbangan gaya
  • kompatibilitas antara deformasi dan jenis tumpuannnya
  • elastisitas
Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut.

Berikut materinya :
Analisa-struktur-1
Pemrograman Komputer
Salah satu bahasa pemograman adalah FORTRAN. Merupakan bahasa yang pertama kali singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.

1. Berikut, merupakan contoh dari bahasa pemograman mengenai persamaan kuadrat.


2. Materi yang berkaitan:


BEASISWA ASTRA 1st by PT Astra International Tbk

Fasilitas:
a. Beasiswa 5 juta/semester
b. Program pengembangan kepribadiaan
c. Kesempatan belajar (Kerja Praktek atau Magang) di Astra Group (158 anak perusahaan)
d. Kesempatan mendapatkan dana project sebesar 5 juta/orang

Persyaratan :
a. Mahasiswa semester 3-7 semua jurusan
b. IPK min. 3.0
c. Aktif dalam kegiatan organisasi
d. Tidak sedang menerima beassiwa dari perusahaan atau institusi manapun

CP : lorentius.saputra@ai.astra.co.id

Formulir dikirim paling lambat 9 April 2012 ke astra1st@ai.astra.co.id

Formulir dapat diunduh di : http://www.astra.co.id/index.php/career/astra1st

Flickr Images

Follow Us

Recent Comments

Flickr Images